Jumat, 05 Juni 2015

Cara Mencari Nilai Jumlah, Rata-Rata, Maksimum dan Minimum pada Sebuah Penilaian Data dalam Microsoft Exel

  • Mencari Jumlah (SUM)
            Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka data yang akan di cari hasilnya pada microsoft exel
  2. Buat tabel untuk meletakan nilai yang akan dicari, seperti :
  3. Pada jumlah masukan rumus “=SUM(*blog data yang akan dicari*)”
  4. Selanjutnya tekan enter, otomais nilai nya akan keluar dengan sendirinya
  •  Mencari Nilai Rata-Rata (AVERAGE)
            Berikut langkah-langkahnya :

  1. Buka data yang akan di kerjakan dalam microsoft exel
  2. Buat tabel untuk meletakan nilai yang akan dicari, seperti :
  3. Pada tabel rata-rata masukan rumus “=AVERAGE(*blog data yang akan di hasilkan*)”
  4. Selanjutnya tekan enter, maka nilainya akan mucul dengan sendirinya
  • Mencari Nilai Maksimal (MAX)
          Berikut langkah-langkahnya : 

  1. Buka data yang akan di kerjakan dalam microsoft exel
  2. Buatlah tabel untuk meletakan nilai tersebut, seperti :
  3. Pada tabel tertinggi masukan rumus “=MAX(*blog data yang akan dihasilkan*)
  4. Selanjutnya tekan enter, maka nilainya akan muncul dengan sendirinya
  • Mencari Nilai Terendah (MIN)
           Berikut langkah-langkahnya : 

  1. Buka data yang akan di kerjakan dalam microsoft exel
  2. Buatlah tabel untuk meletakan nilai tersebut, seperti :
  3. Pada tabel terendah masukan rumus “=MIN(*blog data yang akan dihasilkan*)
  4. Selanjutnya tekan enter, maka nilainya akan muncul dengan sendirinya 

  • Cara mencari nilai huruf (A,B,C,D...) sesuai dengan nilai yang sudah di tentukan

    Berikut langkah-langkahnya :

    1. Masukan rumus pada tabel yang telah di sediakan (=IF(...>=85;"A";IF(...>70;"B";IF(...>=60;"C";IF(...>=40;"D";"E"))))
    2. Selanjutnya enter, maka hasilnya akan keluar dengan sendirinya
    3. Untuk mencari hasil selanjutnya tarik kebawah, maka huruf nilai tersebut akan muncul
     
    Ket : (...> = cell dan kolom yang akan di hasilkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar